Rabu, 24 Juni 2020

Review ASUS x453s

Kali ini admin akan mereview sebuah laptop merk ASUS seri x453s. Belum lama ini notebook Asus X453SA telah beredar di pasaran, terutama tanah air dan masih membidik pasar kelas bawah. Desain elegan dan harga yang murah menjadi daya tarik utama notebook ini.
Secara umum seri X453SA sebenarnya hampir sama dengan Asus X453MA baik dari segi spesifikasi maupun desain fisiknya. Hanya saja, X453SA datang dengan prosesor New Generation. Sama seperti saudaranya, notebook ini tersedia dalam 4 pilihan warna, yaitu Hitam, Putih, Merah dan Ungu




Beberapa Varian Warna ASUS X453S
Asus mempersenjatai laptop ini dengan layar berukuran 14 inci yang berteknologi TFT LCD LED (Light Emiting Diode) lampu latar dengan resolusi 1366 x 768 piksel, mirip seperti seri X453MA. Ukuran layar yang besar pada X453SA sangat mendukung bagi pengguna yang banyak menghabiskan  waktunya untuk bekerja . Notebook ini memiliki berat kurang lebih 2kg, ya cukup standar untuk laptop berukuran 14 in konvensional di kelasnya.

Performa yang ditawarkan oleh laptop Asus X453SA  tidak terlalu menonjol, walau telah ditenagai oleh prosesor Intel new generation, yakni Braswell yang merupakan lanjutan dari Bay Trail. Asus mempersenjatai Notebook ini X453SA dengan prosesor Intel Celeron N3050 dual-core generasi Bay Trail yang sanggup berjalan dengan kecepatan 1,6GHz dan Turbo Boost mencapai 2,16GHz. Bukan hanya itu, Asus X453SA ini juga didukung oleh memori RAM 2Giga Byte jenis DDR3 dengan kecepatan 1600MHz yang dapat di-upgrade hingga 8GB sesuai kebutuhan. 

Kinerja notebook ini sebenarnya sudah sangat mencukupi kebutuhan sehari-hari, seperti browsing, Office, multimedia ringan atau chatting. Laptop slim ini juga diperkuat grafis dari GPU Intel HD Graphics generasi baru yang juga digunakan pada  Broadwell Family. Kinerja grafis notebok ini juga meningkat hingga dua kali lipat jika dibandingkan dengan Celeron N2840.

Sektor ruang penyimpanan notebook ini juga relatif standar dengan mengandalkan HDD berkapasitas 500 Giga Byte dengan kecepatan rotor hingga 5400rpm yang dapat di-upgrade apabila diperlukan. Konektivitas notebook ini juga cukup standar di kelasnya dengan dukungan WiFi, USB 2.0, USB 3.0, VGA port, Port HDMI dan DVDRW. Pabrikan asal Taiwan ini juga membekali X453SA dengan baterai berkapasitas 2 cell 30whrs, cenderung pas-pasan menurut Laptophia Blog. 

Sayangnya, laptop buatan vendor asal Taiwan ini tidak membekali notebook seri X453SA ini dengan sistem operasi Windows pre-installed, melainkan  Free DOS. Konsumen juga harus membeli lisensi Windows atau mungkin menginstal sistem operasi Linux lebih dulu untuk dapat menggunakan laptop ini.

Spesifikasi Asus X453SA

  • Layar TFT LCD dengan LED backlight 14 inci resolusi 1366 x 768 piksel
  • Prosesor Intel Celeron N3050 dual-core 1,6GHz TurboBoost 2,16GHz
  • Chipset Intel
  • Grafis Intel HD Graphics
  • Memori RAM 2GB DDR3L 1600MHz
  • Storage hard disk 500GB 5400rpm
  • Konektifitas WiFi, Port USB 2.0, Port USB 3.0, VGA port, Port HDMI, DVDRW, Sonic Master Audio
  • Kamera depan tersedia
  • Baterai 2 Cell 30 Whrs
  • Sistem Operasi DOS
  • Dimensi 34.8 x 24.2 x 2.53 cm  berat 2kg
  • Warna Black, White, Red, Purple





Admin penasaran dengan jeroan yang dibesut ASUS, jadi admin membongkarnya.

ASUS X453S Tampak dari belakang, dari belakang terlihat ada 10 sekrup yang harus admin lepas dari tempatnya.
Setelah semua sekrup terlepas kemudian admin coba memisahkan antara casing keyboard dengan casing motherboard,
Congkel dengan pick gitar / sejenisnya,
Kemudian lepaskan secara perlahan,,

Jika sudah terlepas maka kita akan melihat bagian dalam Notebook tersebut.


Pendingin Prosesor tidak seperti pendingin pada umumnya,
Engsel pada LCD


Kipas Pendingin / Fan Heatsink

Kipas Pendingin hanya berputar saat suhu prosesor meningkat








soket baterai



Baterai ASUS X453S, Baterai Tanam
Terlihat ASUS X453S menggunakan baterai tanam
ukurannya pun sangat tipis.



















Kesimpulan dari Admin

# Baterai yang di usung ASUS X453S Menggunakan baterai tanam, Lithium Polymer, yang didalamnya terdapat 2 buah Baterai.
# Berbeda dengan Intel Atom, heatsink pada intel atom menempel pada Fan pendingin. Tapi pada Notebook ASUS X453S Tidak. Mungkin Prosesor lebih adem dan tidak cepat panas. Terbukti Admin sudah mengetesnya,, kipas Pendingin / Fan Heatsink berputar saat Suhu Prosesor Meningkat.
# Sistem Operasi utamanya adalah DOS



Semoga bermanfaat

asus x453s review

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan. Terimakasih